Jakarta Punya Cerita, Warganya Senang Pipis & Buang Sampah Sembarangan?

Jakarta Punya Cerita, Warganya Senang Pipis & Buang Sampah Sembarangan?
Ilustrasi buang sampah sembarangan. (Foto: Net)

KabarJakarta.com - Hidup di kota metropolitan seperti DKI Jakarta tak lantas membuat seluruh masyarakat di dalamnya sudah terjamin atas kebersihan lingkungannya. Sejumlah rangkaian peristiwa yang belakangan terjadi, seperti buang air kecil, buang sampah, hingga tinja yang masih menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Tulisan ini mencoba merangkum sejumlah peristiwa yang belakangan terjadi akibat abainya masyarakat atas kebersihan.

Halte Palmerah Bau Pesing

Puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Gelora membersihkan Halte Palmerah dan trotoar di Jakarta Pusat, pada Selasa (8/11/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Trotoar sepanjang puluhan meter dan beberapa sudut halte hingga kolong Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) disemprot dan dibersihkan dengan air dan sabun oleh petugas lantaran sering tercium bau pesing yang menyengat.

Lurah Gelora, Nurul Huda mengatakan, bau pesing yang menyengat di sekitar halte dan kolong JPO disebabkan karena sekelompok orang yang suka buang air kecil sembarangan.

“Iya, oknum ojol (ojek online), opang (ojek pangkalan) PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) hingga masyarakat yang kebelet, mereka pipis tidak pada tempatnya,” kata Nurul, Selasa (8/11/2022) malam.

Bahkan petugas PPSU Gelora, Suryadi, mengaku dirinya pernah menegur driver ojol yang pipis sembarangan. Mereka, kata dia, buang air kecil di pilar kolong JPO.

“Pernah, saya tegur dia diam saja. ‘Bang, jangan kencing di sini. Enggak lihat lagi dibersihin’. Saya waktu itu lagi bersihkan saluran,” cerita Suryadi.

Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan Pakai Drone

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai memetakan bantaran kali yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan.

Di lokasi-lokasi itu, Pemprov DKI akan menerbangkan pesawat nirawak (drone) untuk menciduk para pembuang sampah sembarangan.

Sebelumnya, Pemprov DKI sudah mengoperasikan drone untuk mengintai orang yang membuang sampah di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day. Pemprov DKI Jakarta setidaknya sudah menindak 12 orang yang membuang sampah sembarangan saat Car Free Day pada Minggu (20/11/2022).

Dari 12 orang itu, sembilan di antaranya dikenai sanksi denda, sedangkan tiga orang lainnya dikenai sanksi sosial.

Untuk diketahui, penggunaan drone untuk menciduk pembuang sampah sembarangan ini merupakan gagasan dari Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Truk Tinja Buang Limbah ke Selokan

Seorang sopir truk tinja kedapatan membuang limbah dari kendaraannya ke selokan air di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022) pagi. Aksi itu terekam oleh kamera warga dan videonya viral di media sosial.

Dalam video tersebut terlihat perekam memergoki sopir truk tinja membuang limbah ke selokan.

“Nih buang tahi di sini. Nih platnya nih,” ucap perekam video dalam unggahan tersebut.

Sopir trik berplat nomor B 9631 UFA itu kemudian tancap gas usai perekam video memergokinya.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta kemudian menangkap sopir dan kernet truk tersebut. Sopir dan kernet itu kemudian diperiksa di Kantor Dinas LH DKI, Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, perusahaan pemilik truk itu dikenakan sanksi berupa denda Rp5 juta dan pencabutan izin usaha.

Penulis : Ismanto

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA