Politisi PDIP Ini Usul Jalur Khusus Sepeda Dikembalikan Seperti Semula

Politisi PDIP Ini Usul Jalur Khusus Sepeda Dikembalikan Seperti Semula
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Rasyidi. (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Rasyidi mengusulkan jalur sepeda yang ada saat ini sebaiknya dikembalikan seperti semula.

“Program jalur khusus sepeda kurang tepat. Saya lihat jalur khusus sepeda saat ini banyak yang digunakan tidak sebagaimana mestinya, misalnya sebagai tempat mangkal angkutan umum atau pedagang kaki lima (PKL),” kata Haji Rasyidi, Rabu (22/11/2022).

Politisi PDIP ini mengungkapkan, berdasarkan pengamatannya, hampir semua sepeda lewat jalur tengah berbarengan dengan kendaraan bermotor. Apalagi, sepeda itu bukan alat transportasi utama bagi warga Jakarta. Kebanyakan warga bersepeda untuk olahraga saat akhir pekan.

“Saya menilai perencanaan jalur khusus sepeda di era Gubernur Anies Baswedan kurang matang. Jadi saya sarankan dikembalikan seperti biasa saja. Saya pernah ke Australia, epang, Korea, dan Amerika Serikat, di sana tidak ada jalur khusus sepeda,” tuturnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta telah bersepakat menolkan anggaran jalur sepeda. Namun belakangan, DPRD DKI merevisinya menjadi Rp7,5 miliar dari usulan semula sebesar Rp38 miliar.

Anggaran Rp7,5 miliar tersebut difokuskan untuk tiga kegiatan, yaitu Rp2 miliar untuk mengevaluasi lajur sepeda yang sudah ada, Rp500 juta untuk sosialisi hasil evaluasi yang akan dibagi untuk masing-masing kota madya sebesar Rp100 juta.

Sedangkan Rp 5 miliar lagi untuk optimalisasi tindak lanjut dari hasil evaluasi ke seluruh Jakarta. Jadi lajur-lajur yang berbahaya dipindahkan rutenya atau diberi pengaman yang sesuai.

Penulis : Sofyan

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA