Formula E Untung Rp6 M, Hoax atau Fakta?

Formula E Untung Rp6 M, Hoax atau Fakta?
Formula E Jakarta 2022. (Foto: Net)

KabarJakarta.com - Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak tidak yakin gelaran Formula E yang digelar Juni 2022 lalu meraup keuntungan sebesar Rp6 miliar. Ia curiga, nilai keuntungan yang diperoleh dari ajang balap mobil listrik bertaraf internasional itu lebih rendah dibandingkan yang disampaikan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Ia menduga PT Jakpri tidak memperhitungan biaya Rp500 miliar yang sudah digelontorkan dari APBD DKI untuk membayar commitment fee Formula E.

“Perhitungan itu belum jelas dasarnya. Saya melihat commitment fee dan biaya pelaksanaan belum masuk,” kata Gilbert, kemarin.

Anggota Komisi B DPRD DKI ini memilih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dibandingkan mempercayai laporan keuangan Formula E 2022 dari PT Jakpro.

“Pastinya kami menunggu hasil audit dari BPK. Tidak ada auditor publik yang mau mengaudit itu. Ini sangat aneh,” ujarnya.

Gilbert menilai Jakpro kurang bertanggung jawab soal penyelenggaraan Formula E. Terlebih, ajang balapan mobil listrik itu menelan anggaran yang tidak sedikit dari kas daerah.

“Formula E memang menyita pikiran. Begitu besar kehilangan APBD, tapi tidak dipertanggungjawabkan dengan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, PT Jakpro mengeklaim penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E 2022 meraup keuntungan sekitar Rp6 miliar. Hal itu disampaikan Jakpro dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI membahas APBD 2023 di Hotel Grand Cempaka, Kamis (3/11/2022).

Eks Managing Director Formula E Jakpro Gunung Kartiko menjabarkan pendapatan usaha total dari Formula E sebesar Rp137,314 miliar. kemudian, beban pokok pendapatan total adalah Rp129,5 miliar.

“Ada beban administrasi dan umum Rp1,89 miliar. Kemudian pendapatan lain-lain Rp2,1 miliar. Beban pajak final Rp1,56 miliar,” papar Gunung.

Dengan demikian, lanjut Gunung, keuntungan yang diraup dari Formula E 2022 senilai Rp6 miliar. “Kalau kita lihat, masih ada positif sebesar kurang lebih Rp6 miliar,” imbuhnya.

Penulis : Dodi A

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA