Tersambung dengan Waduk Cincin, JIS Jadi Kawasan Olahraga dan Rekreasi

Tersambung dengan Waduk Cincin, JIS Jadi Kawasan Olahraga dan Rekreasi
Gubernur DKI Jakarta berfoto bersama anak-anak berlatar belakang Jakarta International Stadium (JIS) (Foto: Instagram Anies Baswedan)

KabarJakarta.com - Direktur PT Jakarta Propertindo (JakPro) Gunung Kartiko mengungkap rencana Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, menjadi kawasan olahraga terpadu dan rekreasi yang terintegrasi oleh sejumlah angkutan umum massal. Selain itu, JIS akan tersambung dengan Waduk Cincin.

“Sebentar lagi nanti terintegrasi dengan Waduk Cincin. Jadi JIS akan menjadi suatu kawasan olahraga dan rekreasi,” kata Gunung Kartiko dikutip dari akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (2/9).

Dia menjelaskan, saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah membangun taman dan hutan kota di sekitar Danau Cincin. Nantinya area Danau Cincin juga dilengkapi jogging track dan jalur sepeda.

“Di samping stadion ada danau cincin. Danau ini suatu kawasan yang cukup menarik dan sekarang sedang di-maintaince untuk taman dan perhutanan,” ungkap dia.

Gunung menjelaskan, merujuk pada Pasal 3 Pergub No. 14 Tahun 2019, PT JakPro bertugas membangun dan mengelola kawasan olahraga terpadu yang terintegrasi dengan sarana angkutan massal. Dengan kapasitas stadion 82.000 penonton, pengembangan transportasi perlu didukung oleh pengembangan moda berbasis rel.

Karena itulah, di sekitar kawasan JIS akan dibangun Stasiun KRL Barat, Stasiun KRL Timur, hingga LRT Fase 2A.

“Tentunya ini akan jadi ruang ketiga, ruang terbuka berikutnya yang nantinya akan terintegrasi dengan fasilitas transportasi yang lain,” paparnya.

Dalam ilustrasi yang ditampilkan oleh Gunung, area waduk cincin sendiri berdekatan dengan ramp timur stadion JIS dan stasiun KRL timur. Sedangkan halte bus TransJakarta, stasiun LRT, dan stasiun KRL barat berada dekat ramp barat JIS.

Selain itu, lokasi stadion JIS berdekatan dengan area pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah atau Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter. Nantinya ITF Sunter diperuntukkan bagi mengolah sampah di area Jakarta Utara.

“Suatu kawasan terpadu dari sisi sebelah kiri, kita bisa melihat ada ITF Sunter. Kita akan membawa suatu instalasi, suatu arena untuk pengolahan sampah. Jadi sampah-sampah terutama untuk daerah Jakarta Utara akan kita olah di sana menjadi listrik,” jelasnya.

Penulis : Akbar H

Editor : Fritz V Wongkar

Kabar Serupa :
Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2022
Kabar Olahraga

Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2022

31.10.2022 - 01:15
Jokowi Perintahkan Stadion Kanjuruhan Dirobohkan
Kabar Olahraga

Jokowi Perintahkan Stadion Kanjuruhan Dirobohkan

20.10.2022 - 10:27
Presiden FIFA Beri Jokowi Jersey Nomor Punggung 1
Kabar Olahraga

Presiden FIFA Beri Jokowi Jersey Nomor Punggung 1

19.10.2022 - 11:07
Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA