Prabowo Bicara Soal Jokowi Jadi Cawapres Dirinya di Pilpres 2024

Prabowo Bicara Soal Jokowi Jadi Cawapres Dirinya di Pilpres 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Dok Biro Sekretariat Presiden RI)

KabarJakarta.com - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menanggapi isu yang berkembang soal dirinya akan berduet dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Tapi, Jokowi jadi cawapres.

Ditanya hal itu, Prabowo menjawabnya tidak tho the point.

“Ya, saya akan mengikuti perkembangannya,” kata Prabowo di Monumen Pancaila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Dia justru menceritakan hubungan dekat dirinya dengan Jokowi. “Tentu Anda tahu bahwa saya ini selalu koordinasi dengan Pak Jokowi. Katakanlah sebagai pemimpin, kita sadar bahwa dengan persatuan dan kekompakan, maka Indonesia akan kuat dan berhasil. Itu terbukti,” ucapnya.

“Dan, Anda tahu kan, chemistry saya dengan Pak Jokowi? Jadi kita akan bicarakan terus yang terbaik untuk bangsa dan negara. Itu yang kita pikirkan,” tambahnya.

Begitu juga dengan PDIP, partai yang menaungi Jokowi. Kata Prabowo, hubungannya dengan semua partai baik.

“Chemistry saya dengan semua baik. Anda lihat juga kan? Imbuhnya.

PDIP Singgung Martabat Jokowi

Di kesempatan berbeda, Ketua DPP PDIP Said Abdullah berkeyakinan Presiden Jokowi tidak mungkin menerima tawaran menjadi cawapres di Pilpres 2024.

“Hemat saya, Pak Jokowi tidak serendah itu. Beliau punya martabat, punya legacy, dan bukan orang yang gila kekuasaan. Itu tidak mungkin terjadi,” ucap Said.

Soal Jokowi yang hingga kini tidak menanggapi wacana dirinya jadi cawapres Prabowo, Said berpendapat, tidak semua isu yang menyangkut Jokowi harus ditanggapi secara langsung olehnya.

“Kan tidak perlu setiap ada isu tentang presiden, yang bersangkutan harus menanggapi. Hal-hal yang mustahil ngapain presiden capek-capek menanggapi. Legacy Pak Jokowi pada 2024 akan selalu dikenang oleh publik,” ujarnya.

Dia pribadi menilai wacana duet Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024 tidak masuk akal.

“Beliau (Jokowi) sudah menjadi Presiden RI, tiba-tiba beliau ditarik jadi Wakil Presiden, ya enggak mungkin, enggak masuk akal,” pungkasnya.

Penulis : Sofyan

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA