20 Sekolah di Jakarta Akan Dipugar, Dijadikan Gedung Rendah Emisi

20 Sekolah di Jakarta Akan Dipugar, Dijadikan Gedung Rendah Emisi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis meresmikan empat sekolah negeri yang direhabilitasi total dan berkonsep net zero carbon di SDN 08 Jakarta, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - Pemprov DKI Jakarta akan memugar 20 sekolah negeri berkonsep gedung rendah emisi (net zero carbon). Saat ini, baru empat sekolah yang telah direhabilitasi berkonsep net zero carbon.

Pada Rabu (28/9) kemarin, Gubernur Anies Baswedan secara simbolis meresmikan empat sekolah negeri yang direhabilitasi total dan berkonsep net zero carbon di SDN 08 Jakarta, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Sekarang ini baru ada empat sekolah berkonsep net zero carbon. Tahun depan ada 20 sekolah berkonsep yang sama akan dibangun,” kata Anies.

Dia mengaku berambisi membangun lebih banyak lagi sekolah dengan konsep tersebut setiap tahunnya. Dengan demikian, kata Anies, sekolah di Jakarta bisa menjadi bangunan yang ramah lingkungan.

“Kalau setiap tahun 20 sekolah, dikali lima. Mudah-mudahan nanti bisa 100 sampai 500 sekolah,” ucap dia.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Nahdiana mengatakan bahwa biaya rehabilitasi total empat sekolah negeri yang telah diresmikan Anies tersebut sebesar Rp126 miliar.

“Rinciannya, biaya rehabilitasi per sekolah menghabiskan biaya sekitar Rp20-30 miliar,” ujar Anies.

Menurut Nahdiana, besaran biaya tergantung dari luas dari setiap sekolah.

“Kalau yang sekarang ini totalnya Rp126 miliarnya untuk merehabilitasi total empat sekolah. Satu sekolah rata-rata Rp20-30 miliar, tergantung luas bangunannya,” terangnya.

Kembali lagi ke Anies, selain untuk mengurangi emisi, penerapan bangunan beremisi rendah juga bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi para siswa.

Dia menggambarkan, kelak ketika dewasa, para siswa ini diharapkan bisa mengambil atau memutuskan kebijakan berdasarkan pengalamannya saat bersekolah.

“Supaya anak-anak ini nanti belajar, melihat, bagaimana ruang hijau. Ketika menjadi pribadi-pribadi yang mengambil kebijakan di kantornya, mereka membawa pendidikannya, pengalamannya atas konsep net zero carbon sebagai bahan pengambilan keputusan,” pungkas Anies.

Diberitakan sebelumnya, keempat sekolah yang direvitalisasi total dan kini mengusung konsep net zero carbon adalah:

1. SDN Ragunan 08 Jakarta

2. SDN Duren Sawit 14 Jakarta

3. SDN Grogol Selatan 09

4. SMAN 96 Jakarta.

Penulis : Ismanto

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA