Pasca Kenaikan Harga BBM, Jumlah Penumpang TransJakarta Naik 10%

Pasca Kenaikan Harga BBM, Jumlah Penumpang TransJakarta Naik 10%
Ilustrasi (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melaporkan kenaikan jumlah penumpang pasca kenaikan harga BBM tanggal 3 September 2022. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, dalam sebulan terakhir kenaikan jumlah penumpang mencapai 10%.

“Penambahan jumlah pelanggan membuktikan lebih banyak lagi warga yang menggunakan transportasi pubik. Dengan begitu, secara tidak langsung telah berkontribusi pada pengurangan emisi karbon,” Anang Rizkani Noor, kemarin.

Kenaikan angka pelanggan ini, kata Anang, juga dipengaruhi oleh perluasan jangkauan layanan bus TransJakarta. Seperti misalnya, pembukaan rute-rute baru, penambahan jam layanan, waktu operasional serta penambahan jumlah armada.

“Meski harga BBM naik, tarif TransJakarta tetap Rp3.500 untuk seluruh layanan koridor maupun non koridor, Rp0 untuk layanan Mikrotrans dan bus tingkat serta Rp20.000 untuk layanan premium Royaltrans,” terangnya.

Kata Anang, fakta ini sejalan dengan target Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan akses layanan transportasi umum hingga 95% dari cakupan wilayah.

“TransJakarta mendukung target tersebut dengan menambah dan memperluas akses bertransportasi bagi masyarakat,” jelasnya.

“TransJakarta juga melakukan perpanjangan jam layanan operasional hingga 24 jam. Kemudahan ini semoga membantu mobilitas masyarakat,” tambahnya.

Perpanjangan Jam Layanan dan Waktu Operasi

TransJakarta melakukan perpanjangan jam layanan pada rute Kalideres-Gelora Bung Karno/GBK (3F). Layanan ini diperpanjang mulai pukul 05.00-22.00 WIB, dari sebelumnya beroperasi pada pukul 05.00-09.30 WIB dan pukul 15.30-21.30 WIB.

Untuk diketahui, rute Kalideres-GBK beroperasi setiap hari dari sebelumnya hanya melayani pelanggan setiap hari Senin hingga Jumat saja.

“Kita ingin memastikan seluruh pelanggan kita lebih dimudahkan untuk mendapatkan akses transportasi yang terjangkau, aman dan nyaman,” ujar Anang.

Sebelum menaiki bus, penumpang diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada gate halte dengan tarif reguler Rp3.500.

Penulis : Dodi A

Editor : Fritz V Wongkar

Kabar Serupa :
Sopir Main HP Sambil Nyetir, Bus TransJakarta Oleng
Kabar Transportasi

Sopir Main HP Sambil Nyetir, Bus TransJakarta Oleng

01.12.2022 - 18:44
Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA