DPC se-Jakarta Minta Anies Dijadikan Capres 2024, DPP PPP: Biasa Aja

DPC se-Jakarta Minta Anies Dijadikan Capres 2024, DPP PPP: Biasa Aja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir di acara Muskercab PPP se-DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022). (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - DPC PPP se-DKI Jakarta telah menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab). Salah satu hasilnya adalah merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024. Bagaimana tanggapan DPP PPPP?

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menilai rekomendasi hasil Mukercab DPC PPP se-Jakarta merupakan hal yang wajar.

“Menurut kami, itu keputusan yang biasa, hal yang wajar saja. Sebagai sebuah organisasi partai, Dewan Pimpinan Cabang merekomendasikan nama itu hal yang biasa dan lumrah, tidak ada yang istimewa,” kata Baidowi, Kamis (29/9/2022).

Awiek, sapaan akrab Baidowi, menyebutkan bahwa DPC-DPC di luar DKI Jakarta juga memiliki tokoh yang diunggulkan. Dia mencontohkan DPC PPP se-Yogyakarta yang mengusulkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai capres.

Begitu juga dengan DPC PPP se-Jawa Barat yang mengusulkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai capres, dan di Jawa Tengah yang mengusulkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, maupun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diusulkan oleh DPC PPP di Jawa Timur.

“Cabang kita di Indonesia ada 514 cabang. Yang bersuara kemarin itu baru 6 cabang, hanya kebetulan yang di DKI Jakarta sehingga mudah diakses informasinya oleh publik seolah-olah PPP telah memutuskan,” jelas Awiek.

Dia menegaskan, capres yang diusung oleh PPP akan ditentukan dalam Forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) atau Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang paling cepat diadakan pada awal tahun 2023 mendatang. Selain itu, dia mengingatkan, PPP juga harus berkomunikasi dengan Partai Golkar dan PAN yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menentukan capres dan cawapres.

“Kalau pun ada komunikasi-komunikasi politik, silakan saja itu hal yang wajar, tetapi dalam pengambilan keputusan, merumuskan siapa capres dan cawapres yang akan diusung, akan ditetapkan bersama-sama,” ujarnya.

Pada Minggu (25/9) kemarin, DPC PPP se-DKI Jakarta menggelar Muskercab, salah satu hasilnya merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Ketua DPC PPP Jakarta Pusat Abdul Hai menyebutkan dua rekomendasi yang dikeluarkan Muskercab PPP se-DKI Jakarta, yaitu untuk internal dan eksternal.

“Untuk eksternal, memberikan apresiasi terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies, dan merekomendasikan Bapak Anies sebagai calon presiden,” pungkasnya.

Penulis : Sofyan

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA