Pilpres 2024, Amerika Dukung Anies, Rusia dan China Dukung Ganjar?

Pilpres 2024, Amerika Dukung Anies, Rusia dan China Dukung Ganjar?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

KabarJakarta.com - Politikus Partai NasDem Zulfan Lindan bicara soal kepentingan negara besar di Pilpres 2024 Indonesia. Menurut dia, ada capres yang figurnya akan menguntungkan Amerika Serikat (AS) dan ada yang menguntungkan Rusia dan China.

“Saya melihat posisi Indonesia dalam kepentingan global sangat strategis, baik Pasifik, maupun di Laut China Selatan. Artinya, kepentingan Indonesia sangat besar, di mana posisi kita?” kata Zulfan Lindan, Senin (26/9).

Menurut Zulfan, capres yang akan menguntungkan AS yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa jika keduanya maju di Pilpres 2024. Andika dia nilai selama ini dekat dengan AS lantaran kerap melakukan latihan bersama.

“Saya melihat, kalau seandainya capresnya adalah Anies dan Andika, apakah bermain langsung atau tidak langsung ini sangat menguntungkan Amerika,” ujarnya.

Dia pun membeberkan alasan dia mengatakan itu. Katanya, saat menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika Perkasa kerap melakukan latihan bersama dengan tantara AS. Begitu juga sekarang ini sebagai Panglima TNI.

“Padahal enggak ada angin, enggak ada hujan. Jadi kita lihat itu, ini pasti ada apanya. Apa iya hanya sekadar latihan saja,” tukas Zulfan Lindan.

Sedangkan Anies Baswedan dinilai Zulfan akan menguntungkan AS lantaran selama menjabat tidak pernah berkunjung ke China dan Rusia. Dia bahkan menyebut Anies sebagai the second golden boy of America.

“Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies tidak pernah berkunjung ke Rusia atau ke China. Amerika melihat ini sebagai the second golden boy,” ucapnya.

Sementara itu, lanjut Zulfan Lindan, dirinya menilai posisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait kepentingan global lainnya. Menurut dia, Prabowo cukup dekat dengan Amerika Serikat, Rusia, dan China.

“Kalau Pak Prabowo, dia Amerika juga, tapi main-main juga ke Rusia dan China. Prancis kan blok Amerika. Kita bicara soal tiga negara ini, Amerika, Rusia, dan China,” kata Zulfan.

Dengan begitu, Zulpan berpendapat, jika bicara kepentingan, Amerika pasti mendukung Anies atau Andika Perkasa. Dengan begitu, Rusia dan China akan mendukung capres yang tidak ada hubungannya dengan AS.

Zulfan pun menyebut capres yang menguntungkan Rusia dan China adalah Ketua DPP PDIP yang juga DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Bisa Ganjar, bisa Puan, bisa juga Prabowo,” ungkapnya.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan partainya akan memilih pemimpin kelak yang sepenuhnya berpihak kepada kepentingan Indonesia. Namun, dia tidak menampik kepentingan asing dapat mempengaruhi perpolitikan Indonesia.

“Kita ambil pemimpin yang pro Indonesia dong, idealnya begitu. Apapun konteks pertaringan hari ini tidak bisa lepas dari konstalasi global, karena masing-masing memperebutkan pengaruh kekuasaan di satu wilayah,” ucap Masinton.

“Pasti itu tidak bisa dihindari adanya pengaruh dari luar. Pengaruh aktornya langsung, negara atau bukan negara secara kelembagaan, atau melalui tangan-tangan yang tidak terlihat. Peran apa itu, pasti dalam konteks siapa yang akan jadi pemenang di pilpres nanti,” ujarnya.

Penulis : Sofyan

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA