Pemprov DKI Targetkan Tahun 2030, yang Naik Transportasi Umum 4 Juta Orang

Pemprov DKI Targetkan Tahun 2030, yang Naik Transportasi Umum 4 Juta Orang
Penumpang MRT Jakarta. (Foto: Dok MRT Jakarta)

KabarJakarta.com - Pemprov DKI Jakarta harus memfasilitasi masyarakat dengan kendaraan umum yang terjangkau dan nyaman. Hal itu sebagai langkah agar warga Jakarta beralih ke transportasi umum.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemerintah tidak hanya akan menyiapkan infrastrukturnya, tapi juga memberikan insentif.

Insentif yang dimaksud adalah ketika masyarakat naik kendaraan umum biayanya terjangkau. Selain itu, selama dalam perjalanan merasa nyaman.

“Itu insentifnya,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

Anies menyebut Pemprov DKI tak henti-hentinya mencari strategi agar dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat ketika menggunakan transportasi umum. Dia menargetkan pada 2030 akan ada 4 juta penumpang setiap harinya yang menggunakan transportasi umum.

Kata Anies melanjutkan, perlu juga penambahan armada dan memperluas jangkauan transportasi umum. Ia yakin jika itu dilakukan maka target yang disebutkannya tadi akan tercapai.

“Jadi target itu bukan hari ini, tapi tahun 2030,” tukasnya.

Dia lalu menyebutkan bahwa sekarang ini masyarakat Jakarta yang menggunakan transportasi umum sudah mencapai 1 juta orang setiap harinya.

“Alhamdulillah dari sebelumnya sekitar 350.000, sekarang sudah 1 juta orang. Bagaimana caranya kita harus teruskan trend ini,” ucap Anies.

Kembali dia katakan, peningkatan jumlah penumpang kendaraan umum itu karena masyarakat mendapatkan kenyamanan saat naik kendaraan umum.

“Itu artinya orang mencoba, ternyata nyaman, dan dicoba kembali tetap nyaman. Karena itulah ridership (penumpang) meningkat sehingga mereka berpendapat naik kendaraan umum adalah pilihan yang rasional,” ujarnya.

“Naik kendaraan umum bukan karena diwajibkan, tapi karena merasa naik kendaraan umum pilihan yang rasional. Kalau merasa itu pilihan rasional maka dia akan naik lagi,” tambah Anies.

Penulis : Ismanto

Editor : Adi S

Kabar Serupa :
Sopir Main HP Sambil Nyetir, Bus TransJakarta Oleng
Kabar Transportasi

Sopir Main HP Sambil Nyetir, Bus TransJakarta Oleng

01.12.2022 - 18:44
Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA