Ketua DPRD DKI Tantang Anies Bertarung di Pilgub DKI 2024

Ketua DPRD DKI Tantang Anies Bertarung di Pilgub DKI 2024
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: Humas DPRD DKI Jakarta)

KabarJakarta.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengajukan dirinya sebagai calon Gubernur DKI Jakarta jika Anies Baswedan maju lagi di Pilgub Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

“Kalau Anies maju lagi di Pilgub DKI lagi, saya akan bilang ke Ibu Mega, tolong lawankan saya dengan Anies,” kata Prasetyo sembari bergurai dikutip dari podcats Gaspol, Selasa (27/9/2022).

Seperti diketahui, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang. Sebagai penggantinya akan ditunjuk Pejabat (Pj) Gubernur DKI yang akan bekerja selama dua tahun sampai digelarnnya Pilgub DKI 2024.

Anies sendiri hingga kini belum memutuskan sikap apakah akan maju kembali sebagai cagub pada Pilgub DKI 2024, atau maju sebagai capres di tahun yang sama.

Di sisi lain, Anies semakin rajin mengikuti kegiatan sejumlah parpol yang berbasis di DKI Jakarta, di antaranya mendatangi perayaan HUT ke-21 Partai Demokrat yang digelar di kantor DPD Partai Demokrat DKI pada 9 September 2022. Teranyar, dia mendatangi Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) ke-1 DPW PPP se-DKI Jakarta pada hari Minggu (25/9) kemarin.

Anies mengakui bahwa dirinya menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik dan membicarakan tentang kontestasi politik pada 2024 mendatang. Namun, dia tidak menyebutkan partai mana saja berkomunikasi dengan dirinya.

“Dari situ saya dengar juga pembicaraan mereka bukan sekadar survei-survei saja. Banyak faktor lain yang mereka bicarakan. Kita tunggu saja nanti,” ujar Anies.

Anies mengaku saat ini dirinya masih fokus menjalankan menuntaskan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

“Jadi lebih baik saya tuntaskan dulu di Jakarta ini, sambill partai juga sedang berproses,” imbuhnya.

Di kesempatan berbeda, Anies menyampaikan dirinya bersedia untuk bertarung di Pilpres 2024 sebagai capres, meski belum mengetahui partai politik mana yang akan mengusungnya.

“Saya siap maju sebagai capres seandainya ada partai politik mencalonkan saya,” kata Anies kepada Reuters dalam wawancara di Singapura, Jumat (16/9).

Penulis : Sofyan

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA