Survei Capres Versi CSIS: Kaum Milenial Pilih Anies daripada Prabowo

Survei Capres Versi CSIS: Kaum Milenial Pilih Anies daripada Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Net)

KabarJakarta.com - Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan unggul secara head to head melawan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kalangan pemilih muda atau kaum milenial. Hal ini tergambar dari hasil survei yang digelar Centre for Strategic and International Studies (CSIS) terhadap pemilih usia 19-39 tahun pada 8-13 Agustus 2022.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes menjabarkan, saat ‘diadu’ dengan Ganjar Pranowo, elektabilitas Anies unggu dengan angka 47,8%.

“Ketika dilakukan head to head, Anies Baswedan mendapat dukungan 47,8%, sedangkan Ganjar Pranowo 43,9%,” kata Arya dalam acara rilis survei, Senin (26/9) kemarin.

Dalam simulasi Anies Vs Ganjar, CSIS mencatat ada 7,6% responden menjawab tidak tahu atau rahasia, dan 0,8% responden menyatakan belum menentukan pilihan.

Anies kembali unggul ketika disimulasikan head to head dengan Prabowo Subianto. Dia meraih dukungan 48,6%, sedangkan Prabowo 42,8%.

“8,3% responden menjawab tidak atau atau rahasia dan 0,3% belum menentukan pilihan,” jelasnya.

Sementara itu, ketika Ganjar Pranowo berhadapan dengan Prabowo Subianto, politikus PDIP itu meraih elektabilitas sebesar 47,2% mengungguli Prabowo yang meraih dukungan 45%. “Yang tidak menjawab atau rahasia 7,5% dan belum menentukan pilihan 0,3%,” ucap Arya.

Namun, dalam survei yang sama, Ganjar tercatat unggul pada simulai 14, 7 dan 3 nama.

“Kenapa terjadi seperti itu, karena ada switching, karena ada perpindahan dukungan pemilih dari dukungan sebelum-sebelumnya,” ungkap dia.

Survei ini dilakukan pada 1.200 responden berusia 17-39 tahun di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini memiliki margin of error -/+ 2,48% dan tingkat kepercayaan 95%.

Penulis : Sofyan

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA