Survei Pileg 2024, PDIP dan PSI Juara di Jakarta

Survei Pileg 2024, PDIP dan PSI Juara di Jakarta
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: ANTARA)

KabarJakarta.com - Lembaga Nusantara Strategic Network (NSN) merilis hasil survey Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menduduki peringkat teratas di DKI Jakarta, masing-masing mendapat dukung 23,3% dan 18%.

“Mereka (PDIP dan PSI) berperan sebagai oposisi Gubernur DKI Jakarta Anies. Elektabilitas PDIP dan PSI unggul di DKI Jakarta,” kata Direktur Lembaga NSN Riandi, Sabtu (24/9).

Riandi menuturkan, sebagai oposisi, PDIP kerap mengkritisi kebijakan Anies Baswedan selama lima tahun. Sedangkan, PSI lebih lantang terhadap Anies, bahkan satu-satunya fraksi di DPRD DKI yang menolak laporan pertanggungjawaban APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021.

Menurut Riandi, sikap kritis yang ditunjukkan PSI menjadi partai yang dipimpin mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha Djumaryo itu terdongkrak elektabilitasnya di DKI Jakarta.

Dia menilai, sikap kritis PSI dan peran sebagai oposisi kebijakan Pemprov DKI Jakarta berdampak pada elektabilitas PDIP dan PSI di Jakarta.

Sementara itu, Partai Gerindra yang notabenenya sebagai pengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta pada Pilkada 2017, merosot ke posisi ketiga dengan elektabilitas 8,5%, dan disusul Golkar sebesar 7,8%.

Sedangkan, Partai NasDem yang menggembar-gemborkan akan mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 bertengger di posisi keempat dengan elektabilitas 6,0%, dibuntuti PKS 4,5%, dan Partai Demokrat 4,3%. Posisi berikutnya adalah PPP dengan raihan 2,3%, PKB 2,0%, dan PAN 1,5%.

Lalu, partai politik sempalan PKS, Partai Gelora elektabilitasnya 1,3%, Perindo 1,0%, partai besutan Amien Rais, Partai Ummat hanya 0,8%, dan Partai Hanura 0,5%.

Penulis : Dodi A

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA