Anies Peringatkan PD Pasar Jaya, Jangan ‘Nakal’ Kelola Pasar di Jakarta!

Anies Peringatkan PD Pasar Jaya, Jangan ‘Nakal’ Kelola Pasar di Jakarta!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peresmian 4 pasar di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022). (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti bagi direksi dan manajemen pasar agar tidak memanfaatkan posisinya untuk memperkaya diri. Anies menyatakan, ada pihak yang bermain dalam urusan pasar.

Anies menyampaikan itu di acara peresmian empat pasar di DKI Jakarta yang digelar Pasar Cipinang Kebembem, Jakart Timur, Kamis (22/9). Hadir di acara itu Direksi Pasar Djaya dan direksi BUMD Food Station Tjipinang.

Awalnya Anies berpesan agar seluruh pihak, baik pedagang, direksi maupun manajemen, menjaga pasar agar tetap sehat dan tidak hanya berorientasi mencari keuntungan semata.

“Saya berharap kepada semua, tolong dijaga pasarnya, apalagi yang pasar tradisional. Jangan menganggap ini semata-mata hanya mencari keuntungan finansial saja, tapi pandang ini sebagai cara untuk menyejahterakan semuanya,” kata Anies.

Anies berharap, semua pihak yang terlibat di pasar harus membantu menurunkan harga barang menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Katanya, pasar merupakan tempat masyarakat mencari kebutuhan hidup.

Lalu, dia mewanti-wanti seluruh pihak agar tidak main-main dengan hajat hidup masyarakat.

“Ini tampaknya klasik. Bapak-ibu, kira-kira seperti ini, kalau mau ambil yang gede-gede, jangan ambil di urusan yang kepentingan hajat rakyat banyak, karena akan menambah penderitakan rakyat. Ambilah yang normal,” ujarnya.

Anies pun dengan tegas memperingatkan para direksi dan manajemen pasar agar tidak bermain mata dengan tujuan memperkaya diri. Dia mengaku mengetahui banyak pihak “bermain” dalam urusan pasar. Dia meminta praktik itu dihentikan.

“Kita tahu kok siapa mengerjakan apa, main dengan siapa, tahu semuanya. Praktik-praktik seperti ini harus dihentikan, kembalikan ini menjadi ekosistem yang sehat,” tegasnya.

Kata Anies, direksi Pasar Jaya maupun BUMD yang terkait dengan pasar harus menjadi pengawas kegiatan. Jika melakukan praktik menyimpang, semestinya mereka malu kepada keluarganya sendiri.

“Yang jadi pengawas, jadilah pengawas untuk kepentingan rakyat. Yang jadi direksi, jadilah direksi untuk kepentingan rakyat. Yang jadi manajer, jadilan manajer untuk kepentingan rakyat. Jangan jadi manajer, direksi dan pengawas untuk kepentingan mengumpulkan uang bagi dirinya, keluarganya, dan kelompoknya,” tukasnya.

“Kalau semacam itu dikerjakan, malulah kalian, bagaimana menjawab di depan anak-anak dan keluarga,” ucap Anies menambahkan.

Pasar Cipinang Direvitalisasi

PD Pasar Pajar telah merampungkan revitalisasi Pasar Cipinang Kebembem, Pulogadung, Jakarta Timur. Direktur Utama PD Pasar Jaya Tri Prasetyo Utomo mengatakan proses revitalisasi sudah berjalan sejak 2020. Kini, sebanyak 138 kios di Pasar Cipinang Kebembem sudah terisi.

“Di Pasar Cipinang Kebembem tersedia 138 tempat usaha. Alhamdulillah okupansi sudah 100 persen,” kata Tri di tempat yang sama, Kamis (22/9/2022).

Dia menuturkan, pasar itu berdiri di atas lahas selus 3.000 meter persegi. Sementara itu, luas bangunan Pasar Cipinang Kebembem sekitar 2.500 meter persegi. Pasca revitalisasi, Pasar Cipinang Kebembem memiliki ruang serbaguna. Rencananya ruang tersebut akan dijadikan sarana berolahraga seperti bulu tangkis atau futsal.

Setelah ini, lanjut Tri, PD Pasar Jaya akan membangun sarana penunjang lainnya di Pasar Cipinang Kebembem.

Sebagai informasi, selain Pasar Cipinang Kebembem, tiga pasar lainnya yang juga diresmikan adalah Pasar Sawah Besar Barat, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Pasar Tanah Tinggi, Senen, Jakarta Pusat, dan Pasar Tebet, Jakarta Selatan.

Penulis : Ismanto

Editor : Zultamzil

Kabar Serupa :
Lowongan Kerja di Kedubes Amerika di Jakarta
Kabar Ekonomi & Bisnis

Lowongan Kerja di Kedubes Amerika di Jakarta

02.10.2022 - 17:19
Cari Talenta Unggul di Bidang IT, BRI Kembali Buka BFLP IT
Kabar Ekonomi & Bisnis

Cari Talenta Unggul di Bidang IT, BRI Kembali Buka BFLP IT

30.09.2022 - 19:33
Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA