Pemprov DKI Klaim 326 Ribu UMKM Gabung di JakPreneur OK OCE

Pemprov DKI Klaim 326 Ribu UMKM Gabung di JakPreneur OK OCE
OK OCE JakPreneur DKI Jakarta. (Foto: Net)

KabarJakarta.com - Pemprov DKI Jakarta mengatakan saat ini sebanyak 326.000 wirausahawan tergabung ke dalam JakPreneur atau program One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship (OK OCE). Kepala Dinas PPKUMKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu mengatakan angka ini melebihi target yang ditetapkan Gubernur Anies Baswedan dalam RPJMD 2012-2022.

“Sekarang JakPreneur sudah sekitar 326.000 dari janji pak Anies-Sandi dulu hanya 200.000. Jadi sudah melampaui target,” kata Ratu, Minggu (11/9/2022).

Ratu memaparkan, sejak 2020 program OK OCE diubah menjadi JakPrenur. Ada sejumlah penyempurnaan yang diterapkan, salah satunya dalam program JakPreneur, wirausahawan bebas memilih fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas di antaranya Pendaftaran (P1), Pelatihan (P2), Pendampingan (P3). Perizinan (P4), Pemasaran (P5), Pelaporan Keuangan (P6) dan Permodalan (P7). Dalam OK OCE, tahapan ini mesti dilalui secara berurutan atau dikenal dengan sebutan 7 Langkah Pasti Akan Sukses.

“Kita punya platform namanya 7 Langkah Pasti Akan Sukses kan. Nah, dulu zaman OK OCE harus mengikuti dari P1 sampai P7,” jelas Ratu.

“Sekarang kalau mau gabung JakPreneur maunya apa? Apakah mau izin doang, mau dibantu pemasaran, atau mau dibantu permodalan, itu tergantung dari Jakpreneur sendiri,” tambahnya.

Sebagai informasi, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemprov DKI Jakarta menargetkan 44 pusat pendampingan UMKM di setiap kecamatan di DKI Jakarta, serta menghadirkan 200.000 UMKM.

Awalnya Pemprov DKI mengadakan kegiatan Pencanangan 200.000 Wirausaha baru dan Wirausaha Naik Kelas melalui Program Kewirausahaan OK OCE pada 14 Desember 2017.

Program OK OCE kemudian lebih sering didengar dengan sebutan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 102 Tahun 2018.

Program itu kemudian disempurnakan. Pada 2020, Jakpreneur dikenalkan sebagai implementasi Pergub DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) yang merupakan penyempurnaan program PKT.

Penulis : Ismanto

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA