Harga BBM Naik, TransJakarta Dapat Tambahan Subsidi Rp62 Miliar

Harga BBM Naik, TransJakarta Dapat Tambahan Subsidi Rp62 Miliar
Foto: Net

KabarJakarta.com - Pemprov DKI Jakarta menambah anggaran subsidi TransJakarta pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tambahan subsidi yang akan diusulkan sebesar Rp62,1 miliar.

“Total kebutuhan subsidi BBM dampak kenaikan harga BBM terhadap operasional bus yang dikelola TransJakarta kami hitung sekitar Rp62,1 miliar. Otomatis langsung kami usulkan ke dalam besaran PSO,” kata Syafrin Liputo di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Kata Syafrin, penambahan subsidi itu dihitung sejak hari pertama kenaikan BBM pada Sabtu (3/9) kemarin. Dia menjelaskan, komponen biaya BBM masuk perhitungan pembayaran subsidi kepada operator.

“Jadi besarannya Rp 62,1miliar otomatis mulai naik tanggal 3 September,” ujarnya.

Namun, Syafrin memastikan tidak ada penambahan subsidi untuk mode transportasi LRT dan MRT, dengan alas an mekanisme perhitungannya berbeda.
seperti diketahui, Sabtu (3/9) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Dia mengatakan subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran.

“Harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian,” kata Jokowi.

Harga BBM jenis Solar jadi Rp6.800 per liter, Pertalite Rp10.000 per liter, dan Pertamax Rp14.500 per liter.

Penulis : Ismanto

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA