Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta Tembus ke Angka 21.419, Tetap Pakai Masker ya!

Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta Tembus ke Angka 21.419, Tetap Pakai Masker ya!
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

KabarJakarta.com - Kasus aktif COVID-19 di DKI Jakarta tembus ke angka 21.419 kasus. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menjelaskan bahwa jumlah kasus aktif itu merupakan angka kumulatif dari keseluruhan kasus selama 10 hari terakhir.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta, 20.337 pasien COVID-19 tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), dan 1.082 dirawat di rumah sakit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, penurunan jumlah kasus aktif akan terjadi secara bertahap.

“Memang bertahap untuk bisa turun. Terpenting harus memutuskan mata rantai penularan yaitu caranya dengan memakai masker dan patuhi protokol kesehatan (prokes),” kata Dwi Oktavia, Jumat (5/8/2022).

Kata dia lagi, sekarang ini Pemprov DKI memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk beraktivitas. Namun, di sisi lain, Pemprov DKI sedang berupaya menggenjot program pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat untuk mengurangi risiko terparah akibat virus tersebut.

“Yang sudah mempunyai kekebalan, kalau sampai tertular maka peluang untuk menjadi berat, menjadi fatal jauh lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak pernah divaksin COVID-19 atau belum lengkap vaksinasi COVID-nya, termasuk belum di-booster,” ujarnya.

Lanjutnya, jika program vaksinasi berjalan sebagaimana mestinya, maka kasus COVID-19 akan berkurang karena gerak penularannya semakin dipersempit.

Per Kamis (4/8), Pemprov DKI melaporkan penambahan kasus COVID-19 di DKI Jakarta sebanyak 2.841 orang. Secara total, jumlah orang di Jakarta yang pernah dinyatakan positif COVID-19 sejak Maret 2020 yakni 1.339.662 orang, di mana 1.302.829 pasien dinyatakan sembuh, dan 15.414 orang dinyatakan meninggal dunia.

Penulis : Ismanto

Editor : Zultamzil

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA