Lobi-lobi Politik di Acara Pernikahan Anak Sulung Anies Baswedan

Lobi-lobi Politik di Acara Pernikahan Anak Sulung Anies Baswedan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) satu meja dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan petinggi PKS Sohibul Iman di acara pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ISTIMEWA)

KabarJakarta.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menceritakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan elit PKS Sohibul Iman di resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kata AHY, pertemuannya dengan Surya Paloh dan Sohibul Iman merupakan peristiwa yang tidak disengaja.

“Niat saya datang ke acara pernikahan putri dari Pak Anies Baswedan tentu ingin memberikan doa dan suka cita agar pernikahan tersebut bisa berjalan dengan baik, dan tentunya membawa kebahagiaan untuk keluarga besar,” kata AHY.

Tapi, lanjut AHY, dirinya tidak menyangka dalam suasana yang penuh dengan kekeluargaan tersebut seolah-olah juga terjadi pertemuan politik.

Kembali lagi dia menyebutkan, merupakan suatu yang kebetulan duduk semeja dengan Surya Paloh dan Sohibul Iman. Namun diakuinya, ada sentuhan politik di momen itu.

“Di situ tentu kami bersilaturahmi, kami juga memiliki komunikasi yang baik selama ini dan tentunya membicarakan hal-hal yang baik. Tapi juga tentu ada sentuhannya ke politik,” ujarnya.

Putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan, pertemuan tersebut kemudian dikait-kaitkan dengan rencana ketiga partai membentuk koalisi. Partai Demokrat, NasDem dan PKS memang intens membangun komunikasi jelang Pemilu 2024.

“Dan di sinilah kemudian banyak yang berasumsi bahwa mungkin dalam forum itu juga semakin menguatkan sinyal akan terjadi koalisi,” imbuh AHY.

“Menurut saya suasana yang baik itu harus terus kita jaga dan kami saat ini masih terus berupaya untuk saling mendekatkan diri satu sama lain dan membahas peluang-peluang kebersamaan yang lebih jelas lagi ke depan,” tambahnya.

Pria yang pernah berkarir di dunia militer ini menegaskan posisi Partai Demokrat saat ini masih dalam tahapan berkomunikasi dengan partai-partai. Meski intens dengan NasDem dan PKS, dia menyatakan Demokrat tidak menutup komunikasi dengan partai yang lain.

“Tentunya kita tidak menutup komunikasi dengan partai lain. Saya yakin semakin waktu bergerak, kita akan bisa lebih memiliki pemahaman kira-kira peta politik seperti apa yang paling realistis, baik buat Demokrat atau partai lainnya,” pungkas AHY.

Penulis : Zultamzil

Editor : Adi S

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA